Mar 23, 2010
hanafisyah@yahoo.com

HBA1C

Hal yang sangat penting pada penyakit Diabetes mellitus adalah pengontrolan kadar gula dalam darah. Bagaimana mengontrol hal tersebut adalah bisa dilakukan dengan menggunakan obat oral untuk diabetik atau insulin; tentu saja harus dengan petunjuk dokter.

Sedangkan perawatan-perawatan yang lazim dilakukan pada penderita diabetik adalah seperti pengaturan gaya hidup yang baik; mulai dari pola makan dan jenis makanan yang harus di atur, olah raga yang teratur, perhatian terhadap perawatan kaki karena sangar berisiko terkena luka; apakah karena sepatu yang terlalu kecil, tidak memakai sandal lalu tertusuk duri, mengunting kuku yang tidak apik, yang memungkinkan adanya luka yang kemudian sukar sembuh. sangat pula penting dilakukan pengecekan daily apakah ada luka apa tidak pada kaki, karena kadang-kadang penderita tidak merasa nyeri meski ada luka.

Pengontrolan kadar gula darah dengan pengecekan secara regular sangat penting, selain untuk mengetahui kadar gula dalam darah juga untuk mengetahi apakah pengontrolan kadar gula darah sudah sebaik yang di harapkan atau tidak.

Lab. investigation yang baru-baru ini sangat bagus untuk mengatuhi apakah pengontrolan kadar gula dalam darah baik apakah atau tidakĀ  adalah HBA1C. yang dilakukan setiap 8-12 minggu.

HBA1C adalah sebutan untuk menempelnya glukosa pada hemoglobin pada darah. semakin banyak glukosa dalam darah makan semakin banyak pula HBA1C. kenapa dikatakan sangat baik untuk mengetahui baik tidaknya pengontrolan yang dilakukan oleh seorang penderita diabetik adalah karena HBA1C berubah secara lambat 8-12 minggu sehingga bagus untuk mengatahui kualitas pengontrolan kadar gula darah sedangkan fluktusi kadar gula dalam darah sangatlah cepat; dari menit ke menit, jam ke jam.

Leave a Reply

Calendar

March 2010
M T W T F S S
« Feb   Aug »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Tags